Senin, 11 Januari 2016

BUKU BELAJAR DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA







Judul Buku          : Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya
Pengarang           : Drs. Salmeto
Penerbit              : Rineka Cipta
Tahun Terbit       : 2010
Halaman             : 193 hal
ISBN                   : 978-979-518-166-8


Masalah belajar adalah masalah yang selalu aktual dan dihadapi oleh setiap orang. Maka dari itu banyak ahli-ahli membahas dan menghasilkan berbagai teori tentang belajar. Dalam hal ini tidak dipertentangkan kebenaran setiap teori yang dihasilkan, tetapi yang lebih penting adalah pemakaian teori-teori itu dalam praktek kehidupan yang paling cocok dengan situasi kebudayaan kita.
Pemakaian teori-teori belajar dengan situasi formal lebih dibatasi dalam lembaga pendidikan formal yaitu sekolah. Pandangan/teori tentang belajar menurut ahli tertentu akan menentukan bagaimana seharusnya “ menciptakan” belajar itu sendiri, dan usaha itu lazimnya dikenal dengan mengajar. Sehingga dalam buku ini tinjauan tentang belajar tidak bisa dipisahkan dengan mengajar.
Tidak bisa disangkal bahwa dalam belajar seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor . sehingga bagi pelajar sendiri adalah penting untuk mengetahui faktor-faktor yang dimaksud. Hal ini lebih penting lagi tidak hanya bagi pelajar tetapi juga bagi (calon-calon) pendidik, pembimbing, dan pengajar didalam mengatur dan mengendalikan faktor-faktor yang mempengaruhi  belajar sedemikian hingga dapat terjadi proses belajar yang optimal.
Pada keseluruhan proses belajar mengajar terjadilah interaksi antara berbagai komponen. Masing-masing komponen diusahakan saling pengaruh-mempengaruhi sedemikian hingga dapat tercapai tujuan pendidikan dan pengajaran. Salah satu komponen yang utama adalah siswa; hal itu dapat difahami karena yang harus mencapai tujuan ( atau yang harus berkembang ) adalah sistem dan oleh karena itu siswalah yang harus belajar. Sehingga pemahaman terhadap siswa adalah penting bagi guru maupun pembimbing  agar dapat menciptakan situasi yang tepat serta memberi pengaruh yang optimal bagi siswa untuk dapat belajar yang berhasil.
Permasalahan yang muncul adalah bagaimana kita dapat mengenal siswa, aspek/karakteristik apa yang dimilikinya serta bagaimana cara-cara mempengaruhinya. Terhadap pertanyaan yang terakhir, bukankah beberapa aspek yng dimiliki siswa itu berupa heriditas yang dibawanya sejak lahir ( bersifat keturunan ) sehingga memungkinkan itu dipengaruhi? Jika mungkin, alangkah bermanfaatnya buku ini bagi guru, pembimbing dan orang-orang yang terlibat dalam membelajarkan siswa.
Ada 9 bab yang dibahas dalam buku ini, yaitu :
(1)    Belajar , yang terdiri dari Pengertian Belajar, Jenis-jenis Belajar, dn Prinsip-prinsip Belajar
(2)    Mengajar, didalamnya ada Teori-teori Mengajar, Prinsip-prinsip Mengajar
(3)    Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Belajar , Yaitu faktor-faktor Intern dan Faktor-faktor Ekstern
(4)    Belajar dan Mempengaruhi Yang Efektif, menjelaskan tentang cara belajar yang efektif, mengajar yang efektif, Peranan Guru,Tuntutan Guru
(5)    Mempengaruhi karakteristik Kognitif Siswa , pembahasan terdiri dari Persepsi, Perhatian, Mendengarkan, Ingatan, Readiness (Kesiapan) dan Transfer, Struktur Kognitif, Kreatifitas, Gaya Kognitif.
(6)    Mempengaruhi Karakteristik Afektif Siswa , terdapat pembahasan Motivasi dan Kebutuhan, Minat, Konsep Diri Dan Aspirasi, Kecemasan, dan Sikap.

Dihalaman 117 kita disuguhi dengan perkembangan dan ciri-ciri anak dibawah normal. Bagaimana Kematangan Dan Perkembangan Pada Saat Usia Pra Sekolah (0 th – 5 th), Latihan Dan Pendidikan = Usia Sekolah (6 th – 20 th), Keterampilan Sosial Dan Pekerjaan = Dewasa (21 th – ke atas)



4 komentar:

  1. maksih mbk Yunhy, ini masih belajar,
    mencoba jadi riviewners.
    he he he
    awanya memang coba-coba tapi kok malah keranjingan nulis.
    kalo g ngeriview buku, tangan jadi gatel2!

    BalasHapus
  2. Mbak maaf mau tanya...? Ada buku kondisi belajar gak ya? Dan bagaimana cara mendapatkannya?

    BalasHapus