Judul Buku : Belajar Dan Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhinya
Pengarang : Drs. Salmeto
Penerbit :
Rineka Cipta
Tahun Terbit
: 2010
Halaman : 193 hal
ISBN : 978-979-518-166-8
Masalah belajar adalah masalah yang selalu aktual dan dihadapi oleh
setiap orang. Maka dari itu banyak ahli-ahli membahas dan menghasilkan berbagai
teori tentang belajar. Dalam hal ini tidak dipertentangkan kebenaran setiap
teori yang dihasilkan, tetapi yang lebih penting adalah pemakaian teori-teori
itu dalam praktek kehidupan yang paling cocok dengan situasi kebudayaan kita.
Pemakaian teori-teori belajar dengan situasi formal lebih dibatasi
dalam lembaga pendidikan formal yaitu sekolah. Pandangan/teori tentang belajar
menurut ahli tertentu akan menentukan bagaimana seharusnya “ menciptakan”
belajar itu sendiri, dan usaha itu lazimnya dikenal dengan mengajar. Sehingga
dalam buku ini tinjauan tentang belajar tidak bisa dipisahkan dengan mengajar.
Tidak bisa disangkal bahwa dalam belajar seseorang dipengaruhi oleh
banyak faktor . sehingga bagi pelajar sendiri adalah penting untuk mengetahui
faktor-faktor yang dimaksud. Hal ini lebih penting lagi tidak hanya bagi
pelajar tetapi juga bagi (calon-calon) pendidik, pembimbing, dan pengajar
didalam mengatur dan mengendalikan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar sedemikian hingga dapat terjadi
proses belajar yang optimal.
Pada keseluruhan proses belajar mengajar terjadilah interaksi antara
berbagai komponen. Masing-masing komponen diusahakan saling
pengaruh-mempengaruhi sedemikian hingga dapat tercapai tujuan pendidikan dan
pengajaran. Salah satu komponen yang utama adalah siswa; hal itu dapat difahami
karena yang harus mencapai tujuan ( atau yang harus berkembang ) adalah sistem
dan oleh karena itu siswalah yang harus belajar. Sehingga pemahaman terhadap
siswa adalah penting bagi guru maupun pembimbing agar dapat menciptakan situasi yang tepat
serta memberi pengaruh yang optimal bagi siswa untuk dapat belajar yang
berhasil.
Permasalahan yang muncul adalah bagaimana kita dapat mengenal siswa,
aspek/karakteristik apa yang dimilikinya serta bagaimana cara-cara
mempengaruhinya. Terhadap pertanyaan yang terakhir, bukankah beberapa aspek yng
dimiliki siswa itu berupa heriditas yang dibawanya sejak lahir ( bersifat
keturunan ) sehingga memungkinkan itu dipengaruhi? Jika mungkin, alangkah
bermanfaatnya buku ini bagi guru, pembimbing dan orang-orang yang terlibat
dalam membelajarkan siswa.
Ada 9 bab
yang dibahas dalam buku ini, yaitu :
(1)
Belajar , yang terdiri dari Pengertian Belajar,
Jenis-jenis Belajar, dn Prinsip-prinsip Belajar
(2)
Mengajar, didalamnya ada Teori-teori Mengajar,
Prinsip-prinsip Mengajar
(3)
Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Belajar , Yaitu
faktor-faktor Intern dan Faktor-faktor Ekstern
(4)
Belajar dan Mempengaruhi Yang Efektif,
menjelaskan tentang cara belajar yang efektif, mengajar yang efektif, Peranan
Guru,Tuntutan Guru
(5)
Mempengaruhi karakteristik Kognitif Siswa ,
pembahasan terdiri dari Persepsi, Perhatian, Mendengarkan, Ingatan, Readiness
(Kesiapan) dan Transfer, Struktur Kognitif, Kreatifitas, Gaya Kognitif.
(6)
Mempengaruhi Karakteristik Afektif Siswa ,
terdapat pembahasan Motivasi dan Kebutuhan, Minat, Konsep Diri Dan Aspirasi,
Kecemasan, dan Sikap.
Dihalaman 117 kita disuguhi dengan
perkembangan dan ciri-ciri anak dibawah normal. Bagaimana Kematangan Dan
Perkembangan Pada Saat Usia Pra Sekolah (0 th – 5 th), Latihan Dan Pendidikan =
Usia Sekolah (6 th – 20 th), Keterampilan Sosial Dan Pekerjaan = Dewasa (21 th –
ke atas)
Mak nyussssss mbak Ana :-)
BalasHapusMakasih kang Teguh, ini masih belajar...
Hapusmaksih mbk Yunhy, ini masih belajar,
BalasHapusmencoba jadi riviewners.
he he he
awanya memang coba-coba tapi kok malah keranjingan nulis.
kalo g ngeriview buku, tangan jadi gatel2!
Mbak maaf mau tanya...? Ada buku kondisi belajar gak ya? Dan bagaimana cara mendapatkannya?
BalasHapus