Senin, 11 Januari 2016

BUKU PENGEMBANGAN MANAJEMEN MUTU KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM




Judul Buku          : Pengembangan Manajamen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam.
Penulis                 : Zainal Arifin.
Penerbit              : Diva Press
Tahun Terbit      : 2012
Halaman              : 148 hal
ISBN                      : 978-602-191-161-7

                Pengembangan kurikulum adalah perencanaan kesempatan-kesempatan belajar yang dimaksudkan untuk membawa peserta didik kearah perubahan-perubahan yang di inginkan serta serta menilai hingga sejauh mana perubahan-perubahan itu telah terjadi pada diri peserta didik. Adapun yang dimaksud kesempatan belajar ( learning opportunity ) adalah hubungan yang telah direncanakan dan terkontrol antara peserta didik,guru, bahan dan peralatan, serta lingkungan belajar. Semua kesempatan belajar yang direncanakan oleh guru bagi para peserta didik sesungguhnya adalah “ kurikulum itu sendiri” (hal 42).
Kemajuan suatu pendidikan diukur dari mutu lulusannya. Berapa baik mutu output suatu lembaga pendidikan, sebesar itu pula kualitas lembaga pendidikan tersebut. Untuk mendapatkan output yang berkualitas tinggi, tentu saja suatu pendidikan harus ditopang dengan dengan menajemen kurikulum yang baik. Sebab, bagaimanapun, kurikulum adalah landasan utama bagaimana suatu pendidikan dijalankan dan dikembangkan, sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas.
Kurikulum pendidikan Islam tentu saja berbeda dengan kurikulum pendidika pada umumnya. Untuk meningkatkan kualitas lulusannya, akhir-akhir ini banyak lembaga pendidikan Islam yang mengembangkan kurikulum Kemendiknas, Kemenag, dan pesantren untuk mendapatkan pendidikan yang integratif dan seimbang antara ilmu agama dan ilmu umum ( nonagama ).
                Buku ini hadir ditengah-tengah kita, terutama bagi para praktisi pendidikan. Sebagai panduan untuk mengembangkan kurikulum pendidikan Islam. Ada dua hal pokok dalam dalam pembahasan buku ini yang membedakannya dari buku-buku yang lain. Pertama, dalam buku ini diutarakan teoru-teori tentang kurikulum, pengembangan kurikulum, dan model-model pengembangan kurikulum menurut para ahli pendidikan. Kedua, buku ini adalah hasil penelitian yang mendalam tentang praktik pengembangan kurikulum disekolah Islam internasional. Sehingga, hasil penelitian ini dapat menjadi inspirasi bagi lembaga pendidikan yang lain dalam pengembangan kurikulum, khususnya pengembangan kurikulum dilembaga pendidikan agama Islam, seperto sekolah Islam.
Mengenai apa dan bagaimana sejatinya kurkikulum pendidikan Islam, bagaimana ia dijalankan dan dikembangkan, serta apa saja pendukung dan hambatan-hambatannya, semuanya terangkum dengan baik dan detail dalam buku ini.
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar