Judul Buku : Pengembangan Manajamen Mutu Kurikulum
Pendidikan Islam.
Penulis : Zainal Arifin.
Penerbit : Diva Press
Tahun Terbit : 2012
Halaman : 148 hal
ISBN : 978-602-191-161-7
Pengembangan kurikulum adalah
perencanaan kesempatan-kesempatan belajar yang dimaksudkan untuk membawa
peserta didik kearah perubahan-perubahan yang di inginkan serta serta menilai
hingga sejauh mana perubahan-perubahan itu telah terjadi pada diri peserta
didik. Adapun yang dimaksud kesempatan belajar ( learning opportunity ) adalah
hubungan yang telah direncanakan dan terkontrol antara peserta didik,guru,
bahan dan peralatan, serta lingkungan belajar. Semua kesempatan belajar yang
direncanakan oleh guru bagi para peserta didik sesungguhnya adalah “ kurikulum
itu sendiri” (hal 42).
Kemajuan suatu pendidikan diukur dari mutu lulusannya. Berapa baik mutu
output suatu lembaga pendidikan, sebesar itu pula kualitas lembaga pendidikan
tersebut. Untuk mendapatkan output yang berkualitas tinggi, tentu saja suatu
pendidikan harus ditopang dengan dengan menajemen kurikulum yang baik. Sebab,
bagaimanapun, kurikulum adalah landasan utama bagaimana suatu pendidikan
dijalankan dan dikembangkan, sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas.
Kurikulum pendidikan Islam tentu saja berbeda dengan kurikulum
pendidika pada umumnya. Untuk meningkatkan kualitas lulusannya, akhir-akhir ini
banyak lembaga pendidikan Islam yang mengembangkan kurikulum Kemendiknas,
Kemenag, dan pesantren untuk mendapatkan pendidikan yang integratif dan
seimbang antara ilmu agama dan ilmu umum ( nonagama ).
Buku ini hadir ditengah-tengah
kita, terutama bagi para praktisi pendidikan. Sebagai panduan untuk
mengembangkan kurikulum pendidikan Islam. Ada dua hal pokok dalam dalam
pembahasan buku ini yang membedakannya dari buku-buku yang lain. Pertama, dalam
buku ini diutarakan teoru-teori tentang kurikulum, pengembangan kurikulum, dan
model-model pengembangan kurikulum menurut para ahli pendidikan. Kedua, buku
ini adalah hasil penelitian yang mendalam tentang praktik pengembangan
kurikulum disekolah Islam internasional. Sehingga, hasil penelitian ini dapat
menjadi inspirasi bagi lembaga pendidikan yang lain dalam pengembangan
kurikulum, khususnya pengembangan kurikulum dilembaga pendidikan agama Islam,
seperto sekolah Islam.
Mengenai apa dan bagaimana sejatinya kurkikulum pendidikan Islam,
bagaimana ia dijalankan dan dikembangkan, serta apa saja pendukung dan
hambatan-hambatannya, semuanya terangkum dengan baik dan detail dalam buku ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar